Hipnoterapi Mengatasi Stress dan Cemas

Hipnoterapi memiliki banyak manfaat dalam hidup ini, salah satu manfaat hipnoterapi yaitu membantu mengatasi rasa cemas

Tahukah anda bahwa Anda dapat mengatasi  kecemasan dan stress dengan hipnoterapi khususnya self-hipnoterapi? Ini tidak seperti mengayunkan jam saku di depan mata Anda dan mengulangi “Saya rileks…Saya rileks….”
Selama serangan panik, pikiran rasional Anda berada di bawah pengepungan dan sulit untuk mengakses. Tetapi karena hipnoterapi bekerja pada pikiran bawah sadar Anda, Anda dapat menggunakannya untuk menenangkan diri dengan pemicu fisik sederhana.

Metode ini sangat baik untuk banyak orang bilamana belum bisa melakukan self hipnoterapi ini dg benar, anda dapat berkonsultasi dg praktisi hipnoterapi yg ada di kota anda.

1. Ambil Posisi Nyaman

Posisikan tubuh anda dengan nyaman dan senyaman mungkin, tetapi jangan sampai tertidur. Cobalah berbaring  atau duduk di kursi dengan kedua tangan tangan di pangkuan Anda. Kemudian, tutup mata Anda dan lemas dan rilekskan setiap bagian dari satu tubuh dengan satu dimulai dengan kepala dan sampai ke jari-jari kaki.

self hipnoterapi2. Mulai Rilekskan Pikiran

Mulailah menciptakan imajinasi. Hipnoterapi membantu mengatasi  kecemasan dengan menciptakan pengalaman yang mendalam dan tenang Anda dapat kembali ke setiap saat dengan cara yang sederhana. Mulailah dengan membayangkan tempat yang paling santai yang dapat Anda bayangkan. Seperti di pantai yang hangat melihat ombak dan langit, dan suara-suara burung. Apapun kejadian tersebut, manfaatkan seluruh indra dalam tubuh anda untuk ikut menikmatinya, seperti indra peraba, penglihatan dan pendengaran dengan cara mencoba meraba setiap benda disana, melihat setiap hal yg terlihat dan mendengarkan suara yang mungkin terdengar didalam pikiran anda. Lalu Perjelas dan Perdalam Imajinasi tersebut.
step23. Menghitung Mundur

Menghitung mundur. Bayangkan diri Anda dalam sebuah tempat yang damai. Pengalaman dapat sejelas yang Anda inginkan karena akan membantu mempersiapkan Anda untuk perjalanan ke tempat yang benar-benar khusus. Kemudian bayangkan anak tangga sepuluh langkah menuju turun dari tempat tadi ke tempat khusus Anda. Lakukan setiap langkah dengan perlahan menghitung masing-masing langkah saat Anda melangkah. Dengan setiap langkah mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda lebih tenang dan lebih santai, sampai anak tangga terakhir.

Atau dapat juga dengan menghitung mundur perlahan-lahan dari 10 hingga 1.  Dengan setiap hitungan katakan kepada diri sendiri lebih tenang dan santai,

self hipnoterapi4. Buatlah Pemicu

Buatlah pemicu untuk memanggil ketenangan dari rasa nyaman ini. Sekarang luangkan waktu sejenak untuk menikmati sensasi ketenangan ini, merasakan kedamaian ini lebih nyata dan lebih dalam. Seperti gerakan air atau pergerakan daun-daun, suara angin, hingga segalanya yg bisa disentuh dan rasakan. Kemudian ungkapkan dalam perkataan berulang-ulang “Terimakasih Tuhan, Saya senang dan bahagia, Saya tenang dan damai, dll” Ungkapkan dengan bahasa dan kata-kata anda sendiri. Kemudian jika sudah siap, cubit ujung ibu jari / jempol tangan kanan anda. (boleh dg ibu jari atau yg lain, yang penting adalah sebuah perilaku yang khusus dan jarang anda lakukan) Kemudian ulangi, “Saya damai, bahagia dan sempurna dalam mengendalikan hidup saya. Saya dapat dengan mudah mengatasi segala sesuatu yang terjadi. Saya bisa santai sesuka hati, hanya dengan mencubit ibu jari tangan kanan saya dan memikirkan tempat ini.”

step55. Kembali

Kembalilah. Bila Anda siap, bayangkan diri Anda kembali ke langkah-langkah dengan kesadaran bahwa Anda dapat kembali ke sini setiap kali Anda inginkan. Hitung perlahan dari satu naik ke 10, saat Anda menaiki tangga dan membiarkan suara dunia kembali sehari-hari untuk Anda. Setelah Anda selesai menghitung, usahakan tetap merasa tenang dan santai.

step6

6. Kenali Pemicu

Lain kali Anda ingin menghentikan kecemasan atau serangan panik, hanya mencubit ujung ibu jari Anda dan Anda akan kembali ke tenang dan ketenangan tempat khusus yang Anda buat untuk diri sendiri.

step7

Penjelasan

Teknik diatas bukan untuk dilakukan sekali atau dua kali saja, lakukan secara berulang-ulang.

Teknik diatas adalah cara yang sederhana untuk melakukan self hipnoterapi, banyak yang telah berhasil melakukan self terapi diatas, dan jika seandainya cara diatas kurang bekerja untuk anda, tidak ada salahnya anda mencari praktisi hipnoterapi untuk mengatasi rasa cemas dan stress anda. Terkadang ada pemicu dimasa lalu yang belum terselesaikan.

Bila anda membutuhkan bantuan seorang terapis, silahkan kunjungi Klinik Hipnoterapi Jogja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s